Mengenal Web 3.0 Teknologi Keren Yang Perlu Diketahui

Banyaknya sebutan dalam internet membuat kita dilema dan bingung,baik metaverse,nft,blockchain hingga kini ada web 3.0 yang berbeda. Apa itu web 3.0? mungkin masih banyak orang yang awam dengan istilah web 3.0 tersebut. Sebagai orang yang gaptek tentunya akan bingung dengan istilah web 3.0 tersebut. web 3.0 sendiri merupakan  generasi ketiga internet yang akan datang di mana situs web dan aplikasi akan dapat memproses informasi dengan cara diakses menggunakan teknologi. Teknologi tersebut disebut dengan machine learning,big data dan teknologi buku dasar.

Web 3.0 secara harfiah dan juga secara umum masih terus diupdate dan dikembangkan dan dengan demikian, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Tapi, yang jelas adalah bahwa Web 3.0 akan memiliki penekanan kuat pada aplikasi terdesentralisasi dan memanfaatkan teknologi berbasis blockchain secara ekstensif. Web 3.0 berbeda dengan web sebelumnya. Kita bisa memanfaatkan web 3.0 ini untuk dicoba.

Faktor lain yang merupakan bagian dari definisi Web 3.0 yang muncul adalah ide tentang web semantik. Di antara mereka yang menganjurkan integrasi teknologi semantik ke dalam web adalah pencipta web tersebut yaitu Tim Berners-Lee.

 

Butuh waktu lebih dari 10 tahun untuk transisi dari web asli, Web 1.0, ke Web 2.0, dan diperkirakan akan memakan waktu lama, jika tidak lebih lama, untuk sepenuhnya menerapkan dan membentuk kembali web dengan Web 3.0.

Dari web 1.0 hingga 3.0 web ini merupakan update yang berbeda,berbeda dengan sebelumnya. Users web 3.0 lebih canggih karena memang bisa

 

 

Ada beberapa fitur utama Web 3.0 yang membantu menentukan tentang apa kemungkinan besar web generasi ketiga, termasuk yang berikut:

Terdesentralisasi.

Berbeda dengan 2 generasi pertama web, di mana tata kelola dan aplikasi sebagian besar terpusat, Web 3.0 akan terdesentralisasi. Aplikasi dan layanan akan diaktifkan dalam pendekatan terdistribusi, di mana tidak ada otoritas pusat.

berbasis Blockchain.

blockhain
blockhain

Blockchain adalah enabler untuk pembuatan aplikasi dan layanan terdesentralisasi. Dengan blockchain, data dan koneksi di seluruh layanan didistribusikan dalam pendekatan yang berbeda dari infrastruktur database terpusat. Blockchain juga dapat mengaktifkan buku besar transaksi dan aktivitas yang tidak dapat diubah, membantu memberikan keaslian yang dapat diverifikasi di dunia yang terdesentralisasi.

Cryptocurrency-diaktifkan.

Penggunaan Cryptocurrency adalah fitur utama dari layanan Web 3.0 dan sebagian besar menggantikan penggunaan mata uang fiat.

Otonom dan artifisial cerdas.

Lebih banyak otomatisasi secara keseluruhan adalah fitur penting dari Web 3.0, dan otomatisasi itu sebagian besar akan didukung oleh kecerdasan AI.

 

Bagaimana Web 3.0 Dapat Mengubah Hidup Kita?

Fitur-fitur ini membawa kita lebih dekat ke fitur yang adai di Web 3.0. Dengan tambahan semantik dan pembelajaran mesin, Web 3.0 merupakan evolusi di mana komputer dapat memahami makna di balik informasi. Mereka dapat mempelajari apa yang anda cari, dengan membantu menemukan apa yang anda inginkan lebih cepat dan juga mencoba membantu kita.

 

Sekarang, mari kita lihat contoh yang menyatukan web 3.0 dalam kehidupan

Di Web 3.0 saat kita mengemudi, anda dapat mengajukan pertanyaan kepada asisten virtual anda: “Saya ingin menonton film romantis dan makan makanan luar negeri.” Mesin pencari yang disematkan di asisten mobil memberi anda respons yang dipersonalisasi yang mempertimbangkan lokasi anda, menyarankan bioskop terdekat yang sesuai dengan permintaan anda dan restoran luar negeri yang bagus dengan secara otomatis melihat ulasan di media sosial. Kemudian anda mungkin menyajikan menu 3D dari restoran di layar dengan mudah dan cepat.

Web 3.0 bukan lagi bualan belaka,kita bisa memanfaatkan fitur dari web 3.0 ini dengan mudah. Faktanya, teknologi kognitif yang mempermudah kita bisa dicoba. Memahami bahasa merupakan bagian integral dari begitu banyak faktor dari web tersebut. Dengan menjadikan semantik dan pemrosesan bahasa alami sebagai komponen utama, kemungkinannya tidak terbatas.

 

Dari artikel tentang mengenal web 3.0 diatas tadi apakah bisa anda pahami? kami sengaja membagikan artikel ini agar anda paham dengan web 3.0 yang bagus untuk diketahui dan diterapkan di kehidupan yang sebenarnya.

Leave a Comment